Menjadikan Impian Menjadi CEO Nyata dengan Tips-Tips FUN

6:57:00 PM

Halo semuanya!

Hari ini aku mau membahas sesuatu yang agak berbeda tapi percayalah, super duper penting bagi kita semua, okay?

Jadi di hari Minggu tanggal 14 Desember 2019 kemarin, aku menghadiri acara yang diadakan oleh Home Credit bersama teman-teman dari Indonesian Female Bloggers yang temanya mungkin sesuatu yang beberapa dari kita agak takut dengernya karena ngomongin soal Finance (kayaknya kalo denger kata finance yang ada di otak kita adalah angka-angka yang ribet dan njelimet ya) tapi tenang ajaaa, karena acara kali ini dikemas dengan sangat ringan, menyenangkan tapi sangat bermanfaat dan mudah dicerna - makanya tagline nya adalah Funancial !
Selain dari teman-teman komunitas, acara ini juga di buka FREE untuk umum dengan cara mendaftarkan diri di website, waktu aku datang suasana di Bon Cafe Gubeng dimana acara di adakan udah rame banget, aku cukup impressed dengan antusiasme arek Suroboyo lho untuk acara ini. Ternyata arek Suroboyo ngga takut kok untuk belajar tentang penangangan keuangan, yay!
Pesertanya beneran banyak banget sampe overload, padahal kursi yang disediakan itu udah banyak banget tapi sampe harus nambah berpuluh-puluh kursi lho dan bahkan ada yang terpaksa berdiri sepanjang acara - salutnya lagi mereka stay sampe akhir acara lho ngga banyak yang kabur gitu!
Aku tuh tadinya duduk di deretan paling belakang tapi karena row belakang nambah terus akhirnya malah ada sekitar 7 row baru loh dibelakangku >.<
No seriously, i mean it. Rame pake banget, pecah abis deh acaranya!
Itu kursi yang cokelat-cokelat itu tambahan , sampe di seselin gitu untuk mengatasi antusiasme arek Suroboyo belajar FUNancial rek!
Pertama-tama ada sambutan dari Vice President dari Home Credit Indonesia, Freya :
Buat yang belum familiar dengan Home Credit, Home Credit adalah perusahaan multi-Financing besar yang terpusat di Ceko dan mereka ingin memberikan edukasi financial yang memang sangat di butuhkan oleh masyarakat Indonesia ya, makanya di adakanlah acara ini. Ini acara ketiga yang mereka adakan setelah sebelumnya sukses di Jakarta dan Bandung dengan tema yang berbeda-beda.
Kemudian masuk ke inti acara dengan dua speakers, Dipa Andika (Financial Planner dan Co-Founder dari Hahaha Corp) dan Christie Erin (Co-Founder dari Basha Market)
Hahaha Corp sendiri adalah perusahaan artist management yang focus untuk menaungi standup comedian, ada beberapa nama besar yang familiar banget seperti Ernest Prakasa dan Ge Pamungkas (dan banyak lainnya) yang bergabung di Hahaha Corp ini. Sedangkan Basha Market adalah pop up market yang mengkhususkan diri untuk industri kreatif lokal. Nama Basha Market sendiri pastinya sudah cukup familiar deh buat kita-kita, aku sendiri udah sering mampir ke Basha Market (terutama karena sering di kirimin VIP ticket untuk premiere jadi ngga sesek-sesekan hehehehe).

Tema talkshow kali ini adalah CEO in the Making, dan sangat cocok dengan kedua speakers yang juga mempunyai kesamaan background yaitu pernah bekerja sebagai karyawan sebelum memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

Nah, untuk kalian yang sekarang ini masih bekerja menjadi karyawan dan pengen buka usaha sendiri, ada beberapa hal penting yang perlu di perhatikan ya sebelum nyemplung ke dunia bisnis dan buka usaha sendiri, advise nya bagus-bagus banget dan sangat mengena. As an entrepreneur myself, i find myself nodding and agreeing with their points, aku sendiri juga mendapatkan banyak ilmu baru yang bisa di terapkan dalam bisnis-bisnis baruku yang mendatang, so useful!

Hal yang pertama adalah perencanaan yang matang. Ini penting banget ya kan, sebelum kalian resign kalian sudah harus punya rencana dan plan yang matang dan solid jadi bukan ga tau mau ngapain abis resign. 

Ini nyambung dengan poin kedua yaitu punya simpanan yang cukup untuk tetap hidup (ya donk :))) selama kita merintis usaha baru kita. Karena ngga ada namanya yang langsung jadi langsung jalan, semua butuh proses jadi sebaiknya kita tetap bekerja sebagai karwayan dan menabung gaji kita sampai usaha baru kita bisa sustain dan jalan sendiri, baru kita bisa resign dengan tenang karena yang namanya pegawai dengan berbagai suka dukanya, tapi yang pasti tiap bulan pasti dapat gaji donk dengan teratur di tanggal yang sama. Untuk business owner mah boro-boro yah, deket-deket tanggal gajian yang ada pusing dulu karena harus bayar gaji pegawai (jangan sampe ga bisa bayar gaji ya nanti berabe!) yang utama baru mikirin lainnya, karena itulah salah satu tanggung jawab utama menjadi seorang CEO. Kita tidak hanya bertanggung jawab pada diri sendiri tetapi juga pada team dan pegawai kita karena hidup banyak orang bergantung pada kita juga.

Ngomongin soal gaji nih ya, ternyata penting banget lho buat kita untuk menggaji diri sendiri! Aku nih salah satu business owner yang kadang suka menunda-nunda gaji untuk diri sendiri, ah nanti aja kalo untungnya udah banyak. Apparently this is not a good mindset, penghasilan perusahaan boleh morat-marit, tapi gaji harus teratur - ini akan membantu kita untuk menghindari penggunaan uang perusahaan untuk hal-hal pribadi.

Terus apakah Dipa dan Erin ngga pernah mengalami kerugian? Oh pernah banget, terutama di awal-awal perusahaannya berdiri, kerugian dalam jumlah besar pernah mereka alami tetapi mereka tidak menyerah dan tetap bersemangat. Kerugian bukanlah kegagalan, kita harus bisa menjadikan kerugian investasi dan jump start untuk usaha kita, i love this part! Memang mau kerja apapun yang penting kita tuh gak boleh gampang menyerah ya, kalo dikit-dikit mutung, males nerusin, males usaha - sampe kapanpun ngga bakalan maju, gitu-gitu aja terus. 

Ga cuma itu,  Dipa juga ngasih beberapa tips keuangan yang bagus banget nihh, simple tapi penting dan masih banyak di antara kita yang belum melaksanakan. Yang pertama dan paling simple itu nyatat keuangan, mau pengeluaran 200 rupiah pun harus dicatat untuk menghindari kebocoran tipis. Kita harus selalu tahu kemana uang kita pergi, berapa sisa uang kita di akhir bulan dan berapa investasi kita dalam bulan ini. 

Kemudian kita juga perlu membuat pos-pos keuangan, dipilah-pilah dan dipisah-pisah gitu, mana yang untuk belanja, untuk pribadi (karena kita juga harus menyenangkan diri kita donk, ngitung duit melulu tapi ga bahagia juga ngga sehat ya kan), dll - dan harus punya yang namanya dana darurat yang tidak boleh di ganggu gugat, kecuali untuk keadaan darurat tentunya hehehe.
Jumlah dana darurat yang kita punya juga berbeda untuk yang masih single, belum punya anak dan yang sudah punya anak, tergantung dari jumlah anaknya ya.
Sebaiknya untuk dana darurat ini rekeningnya dipisah ya dari rekening harian kita, terus simpen yang aman ATM dan buku tabungannya biar ga bikin kita pengen utak-atik hehehe.

Selain itu kita juga perlu menentukan mimpi dan membuat rencana, karena kalo mimpi melulu tanpa rencana pasti sama aja bohong ya ga bakalan tercapai.

Tips yang lain adalah budgeting supaya ga overspend.

Oya ada 1 hal yang juga penting diperhatikan yang dinamakan Latte Factors :
Ini istilah untuk jajan-jajan cantik kopi-kopi kekinian gitu, ternyata average spendingnya bisa mencapai 900rb perbulan lho untuk most people
Ini simulasi investasi yang bisa kita dapatkan kalau mengeliminasi latte factor tersebut!


Ya ngga usah sampe di hilangkan sama sekali ya, untuk penggemar kopi kayak aku bisa malah stress nanti - tapi di kurangi. Oya jadi budak promo itu juga ga baik guys, karena bikin kita kalap dan gelap mata tiap kali ada promo main ambil aja padahal kita ngga pengen dan ngga butuh, jadi mulai sekarang yang suka gelap mata kalo lihat promo (ngomong sama diri sendiri) harap di kurangi hehehehe.

Jangan lupa. kita juga harus memperhatikan hutang ya, jadi maksimal hutang kita tuh cuma boleh 30% aja . Yang termasuk hutang tu semuanya ya dari KPR, cicilan motor, sampe cicilan yang engga-engga (tas designer kek, apa kek), semua termasuk hutang - itu harus dipastikan untuk tidak lebih dari 30% dari penghasilan buat engga bikin kacau keuangan kita. Jangan sampe ngga bisa bayar cicilan atau abis bayar cicilan udah ngga punya uang di kantong kan gawat...
Dan yang terakhir adalah asuransi, semua orang perlu asuransi jiwa - ngga perlu yang aneh-aneh, BPJS aja udah cukup tapi harus ada.

Kita juga wajib banget punya investasi ya, baik yang berbentu Reksadana atau lainnya, untuk dana pensiun gitu.
Di akhir acara , Dipa nanya, kaya itu apa sih? Kaya itu mindset guys, kaya adalah disaat kita bersyukur dengan apapun yang kita miliki tanpa melihat kekayaan versi orang lain - karena kita semua kaya kalo bersyukur - dan  mengatur keuangan kita dengan baik tentunya. Udah dikasih tips begitu banyak dan berguna, sekarang waktunya di praktekkan!

Seneng banget lho hadir di acara ini, nambah ilmu yang sangat bermanfaat tapi ngga pake ngantuk karena disampaikan dengan banyak canda dan ringan tapi mengena. Ayo kita bikin Funancial goals kita dan juga kita wujudkan bersama-sama. We can reach our dreams as long as we work hard, make plans and actually take the steps to do it - menjadi Yang Kamu Mau!
#Pink

You Might Also Like

27 comments

  1. Beruntung banget bisa dateng ke acara workshop FUNancial ini, sekarang saya jadi ngerti buat memanajemen uang seperti apa.

    ReplyDelete
  2. iya nih mbak, aku masih suka dengan promo-promo menarik yang tanpa sadar justru mengeluarkan dana lebih karena promo sering menjadi alasan belanja lagi dan lagi. semoga setelah ini bisa lebih bijak melihat promo. hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah, event talk show ini penuh dengan tips-tips bisnis yang bermanfaat ya. Sayang banget kalau millennials yang kepingin punya online shop nggak menyempatkan diri buat hadir.

    ReplyDelete
  4. wahhhh tipssnya bermanfaat banget, aku masih jadi budak promo hiks :(

    ReplyDelete
  5. Jadi CEO tuh emang gabisa sembarangan yak. Banyak yang harus dipikirin. Ga boleh gegabah

    ReplyDelete
  6. Senang banget ya ce datang ke event ini. Banyak ilmu yang didapat :)

    ReplyDelete
  7. Ternyata "njajan" kopi terus gak baik ya, apalagi dengan alasan promo. Aku baru tau loh, kalau hal itu ternyata latte factor...wkwkwkw. Duit mending disimpen aja demi masa depan.

    ReplyDelete
  8. Masih lumayan kalap sih kalo ada promo2 dikit. Mudah2an aku bisa kayak narasumber2 itu. Biar bisa usaha sendiri.

    ReplyDelete
  9. Kadang sulit menyadari bahwa resign memang butuh perencanaan yang matang dan dana yang memadai . Gak asal resign trus gak tau mau ngapain dan gimana

    ReplyDelete
  10. wah sama ce mindy, aku juga suka lupa kalo menggaji diri sendiri kayak sayaaaanggg gitu uangnya mending diputer lagi hahaha jadi ternyata itu penting juga ya....

    ReplyDelete
  11. Aku penasaran lho, sama acara yang Jakarta sama Bandung. Apa sama antusiasnya kaya arek2 Suroboyo? Kalau temanya beda, makin penasaran lagi aku. Kan ilmunya juga bakal beda juga

    ReplyDelete
  12. Rame banget ya kemarin, pada antusias belajar keuangan 😍

    ReplyDelete
  13. Senang banget kemarin bisa ikut acara FUNancial. Materinya menarik dan jauh dari ekspetasi. Terutama tentang bahasan rugi dalam bisnis. Kalau rugi merupakan investasi, jadi makin optimis pengen buka usaha sendiri

    ReplyDelete
  14. tips-tipsnya emang super banget ya kak, bikin aku semangat jadi CEO jugak kayak mereka. Smeoga impianku jd CEO jd kenyataan berkat belajar dari talkshow kemarin :)

    ReplyDelete
  15. Weekend produktif deh pas ikut hadir diacara ini, banyak ilmunya

    ReplyDelete
  16. Baru sadar loh aku sering gila promo wkwkkw ngemall aja tujuannya cari promo. Tipsnya kemarin jadi nambah wawasanku untuk memulai berwirausaha

    ReplyDelete
  17. Kalu mau selalu mencatat pengeluaran tentang latte factor, maka akan ketemu dech betapa banyaknya average spending yang nggak kita sadari.

    ReplyDelete
  18. Suka bgt sm tips2nya sangat bermamfaat kak

    ReplyDelete
  19. Terimakasih ka banyak pengetahuan yg kk kasihhh banyak ilmu dan tips tips yg sudah di bagi ��

    ReplyDelete
  20. Mksh ci Mindy ❣️ ilmunyaa,,,tidak ada yg tdk mungkinnn,,,jika kita bekerja kerasss❤️

    ReplyDelete
  21. thank u kaka menginspirasi selaluuu, memang usaha tidak akan menghianati hasil ya ka

    ReplyDelete
  22. Makasih ka mindy buat ilmu ya ,,, ,,bekerja keras akan menghasilkan hasil yg baik

    ReplyDelete
  23. makasih cii buat ilmu barunya😍😍 seru ya bisa dtg ke acara begitu cii... pengen juga sih entar suatu saat bisa dtg ke acara workshop begitu cii ...
    ig : @jenzloo

    ReplyDelete
  24. Menginspirasi bgt ci 💕💕 makasih banyak ilmunya 😊 bermanfaat bangett
    Ig : _nekomiaw

    ReplyDelete
  25. Super duper nice info sih ini kak 😍 talkshow yg sangat bermanfaat kak

    ReplyDelete
  26. Sampai sekarang aku masih bercita cita buat oinya usaha sendiri, dan setelah baca blog kaka ini, makin membulatkan tekad ku untuk ngembangin rencana aku

    ReplyDelete
  27. seru bngttt, semoga pandemi cepat berlalu biar bisa ada event seseru ini 😍😍

    ReplyDelete