Jerawat yang disebabkan Hiperandrogen dan Cara Mengatasinya

10:15:00 PM

Halo semuanya!

Kalau ngomongin problematika kulit, salah satu yang paling utama akan muncul pasti jerawat donk ya? Aku pribadi meskipun jarang banget jerawatan, pastilah pernah mengalami break out-terutama menjelang haid- yang artinya jerawat aku banyak di sebabkan dan dipengaruhi oleh perubahan hormon di dalam tubuh.

Memang yang namanya jerawat itu sebabnya bisa macam-macam, salah satunya ada hiperandrogen (atau kelebihan hormon androgen. Btw Androgen adalah  Hormon seks pria yang juga terdapat pada wanita dengan jumlah yang lebih sedikit bila dibandingkan yang ada pada pria) 

Sebenarnya aku sendiri baru banyak tau tentang hiperandrogen dan cara mengatasinya ini sejak menghadiri event yang di adakan oleh PT. Anugrah Argon Medica dan kali ini aku mau share pengetahuan yang aku dapatkan kemaren itu di sini, siapa tau ada di antara pembaca yang mengalami hiperandrogen dan tulisan ini bisa membantu dalam upaya mengatasinya ya.  
Ini ada aku sama Girly bersama para panitia dan pemenang makeup terbaik.. Kok ada makeup terbaik segala? Ada donk... Baca terus ya hehe

Nah, pertama-tama mari kita cari tahu dulu, apa itu Hiperandrogen? Menurut 

Mosby's Dictionary, 2nd edition. © 2008 Elsevier :

“Sebuah keadaan yang disebabkan oleh sekresi dari hormon androgen* yang berlebihan  oleh korteks adrenal atau ovarium, dengan manifestasi pada wanita berupa hirsutisme dan vilirisme,” 

Medical Dictionary for Health Consumers. © 2007 by Saunders :

“Keadaan dimana terjadinya sekresi berlebih dari hormon androgen*, seperti pada hiperplasia adrenal kongenital.”
Jadi keadaan hiperandrogen bisa sangat berpengaruh ke kondisi kulit kita yaitu tumbuhnya rambut di area yang tidak lazim (hirsutisme) dan juga menimbulkan jerawat dan kulit yang tampak berminyak sebagai stimulasidari produksi sebum/minyak oleh kelenjar minyak di kulit. 
 
Para undangan
Jerawat ada macam-macam juga loh, mulai dari whitehead,  blackheads, papul , pustul  dan ada tiga tingkatan yaitu light, moderate dan severe.
 
Ini MC nya
Hiperandrogen biasanya terjadi ketika saat pubertas (yang menyebabkan kelenjar minyak menjadi lebih besar dan menghasilkan lebih banyak minya), menstruasi, kehamilan, memulai atau menghentikan penggunaan pil kontrasepsi (yang menyebabkan perubahan hormomal), keturunan dan juga saat mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung hormon androgen dan litium. 

Kalau jerawat hipeandrogen, gimana donk cara mengatasinya?
Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan kontrasepsi oral yang bekerja dengan melakukan regulasi hormon dalam tubuh (estrogen, progesteron dan androgen ), mencegah efek hormon androgen pada kulit dan akhirnya akan mengurangi produksi sebum atau minyak. Hal ini sangat efektif sebagai terapi acne hiperandrogen dan pengaturan kelenjar minyak pada wanita.


Salah satu cara juga mengunjungi dokter untuk konsultasi dan mendapat perawatan yang tepat.
Ini Dr. Laurence yang memberikan presentasi materi hari itu
Nahhh jelas banget kan ya? Kita jadi lebih mengerti tentang jerawat dan cara mengatasinya selain dengan menjaga kulit kita agar selalu bersih dan sehat!

Selain pengetahuan berharga ini, di event kemarin ada beauty class dengan Sariayu juga yang super lengkap, mulai dari cleansing, toning, moisturizing sampai dengan step-step bermakeup simple untuk sehari-hari ada disana.

Aku dan Girly tentunya juga sibuk fangirling over produk-produk terbaru Sariayu yang selalu oke :).
Ini Mbak cantik dari Sariayu yang memandu jalannya makeup class Sariayu ^^
 Kelas di mulai dengan penjelasan step by step bagaimana membersihkan kulit dengan benar. Kalau kamu sedang memakai makeup, step pertama yang perlu di lakukan adalah menggunakan cleansing milk/oil/water (step ini bisa di lewati untuk pagi hari saat kita baru bangun tidur dan sedang tidak menggunakan makeup). 

Dilanjutkan dengan penggunaan facial foam yang tidak bisa di praktekkan di beauty class 😊.
Peserta beauty class nya sangat antusias loh
 Langkah selanjutnya adalah aplikasi toner dan terakhir moisturizer. 

Beauty Class kemudian dilanjutkan dengan tutorial makeup sehari-hari menggunakan produk-produk Sariayu Martha Tilaar yang sudah terkenal kualitas nya.
Step-step nya cukup simple karena ini adalah untuk make up sehari-hari, jadi mulai dari foundation, bedak, alis, eyeshadow (menggunakan produk Sariayu Duo Liquid Eyeshadow terbaru dari Sariayu), blush on (blush on Sariayu yang digunakan bentuknya cream, which hasilnya akan lebih natural daripada blush yang berbentuk powder, tapiii.. Kalo buat yang kulitnya berminyak seperti aku, lebih baik di set lagi dengan blush on powder di atasnya biar ngga leleh ya) dan terakhir lipstik yang di aplikasikan dengan teknik ombre.

Teknik ombre sendiri ada dua macam, ada Western style (warna gelap diluar dan warna lebih muda di dalam) dan juga ada Korean style (warna muda di luar dan warna yang lebih gelap di dalam). Teknik yang digunakan kali ini adalah Korean style yang membuat penggunanya terlihat lebih muda dan segar!
Ini hasil makeover nya ^^
Setelah itu di pilihkan (aku dan Girly bantu milih juga nih haha) beberapa Best Makeup dari para peserta, yang pemenangnya ada di foto pertama tuh!

Well, that's all for today, semoga pengetahuan baru ini bisa berguna untuk kita semua dan kulit kita semakin sehat bebas jerawat!

#Pink

You Might Also Like

0 comments