Lip-Talk 38 : Tony Moly's Delight Tony Tint

10:23:00 PM

Hallooo semuanya!

Sebelum 2018 berakhir, aku mau nyelipin satu lagi post nih untuk menutup tahun ini ^^.

Kali ini aku mau mereview produk lippie yang pastinya udah ngga asing lagi khususnya buat penggemar makeup Korea : Delight Tony Tint dari Tony Moly!
Tony Moly's Delight Tony Tint
Jadi sebenarnya lip tint nya Tony Moly (untuk brandnya sendiri kayaknya aku ngga perlu jelaskan lagi yah? Secara Tony Moly ini sendiri adalah salah satu brand kosmetik Korea yang paling terkenal di Indonesia) ini sama sekali bukan produk baru, justru produk ini aslinya udah booming banget dan jadi Holy Grail banyak cewek, termasuk di Indonesia juga sejak lama karena harganya sangat bersahabat (setau aku harganya di bawah 50rb) tapi kualitas nya ngga main-main.

Menurut aku Tony Tint ini adalah salah satu lip tint paling iconic dan melegenda di dunia K-Beauty, aku pribadi pernah pake versi mini nya (waktu baru-baru keluar mereka punya versi mini yang bentuknya kayak bola kecil, cute banget! Tapi aku ngga tau apakah versi mini ini masih available) long long time ago dan sampai sekarang Tony Tint ini masih menjadi salah satu lip tint yang paling harus ada di koleksi semua K-Beauty lovers jadi aku cukup excited untuk rekindling my love for this produk dan juga nyobain shade lain yang belum pernah aku coba.
Delight Tint by Tony Moly in 01 dan 02
Packaging wise, Tony Tint ini cukup bulky di bandingkan lip tint-lip tint Korea lainnya (yang rata-rata size nya lebih mungil) karena tiap lip tint berisikan 9ml worth of produk - yang bisa di bilang banyak banget dan ngga bakalan cepet habis deh haha (sebagai perbandingan, rata-rata lip tint Korea yang ada di pasaran itu isinya 4-8ml). Packaging nya sendiri terbuat dari plastik tebal transaparan (yang high quality dan ngga ringkih) untuk badannya dan hitam untuk tutupnya. Designnya cukup simple dan minimalis, dihiasi dengan gambar hati yang cute. 

Seperti kalian bisa lihat di foto, kalau di sandingkan gini warna di dalam botolnya kelihatan hampir identik yah? Padahal beda warna lho. Nanti kalian akan lihat perbedaannya waktu aku swatch dan pakai di bibir so keep scrolling ^^!
Close up untuk packagingnya
Aku suka produk ini ngga ribet dan packagingnya juga ngga lebay. Ngga pake kardus (yang bakalan kebuang) atau plastic yang bikin susah untuk buka, seal nya cuma sticker ini di antara cap dan badan lip tint untuk menandakan kalau produknya masih baru dan belum pernah di buka. Ngga perlu repot-repot ngelupas stickernya juga, cukup putar tutupnya dan stickernya akan putus sendiri dengan mudah. Sticker ini sebaiknya ngga di kupas kalo kalian punya lebih dari 1 Tony Tint soalnya indikasi warnanya ada di situ (ada stiker kecil juga di bawah, tapi ngga praktis kan kalo harus ngecek bawahnya tiap kali mau pake) dan seperti yang sudah aku sebutkan tadi, warna lip tint nya mirip banget kalo di dalem botol jadi stiker indikasi ini penting banget menurut aku.
Seingetku Tony Tint edisi lama packagingnya lebih simple lagi dan tutupnya cuma model silinder biasa, terus beberapa saat yang lalu mereka repackage produk (kayaknya ini salah satu produk best selling nya Tony Moly karena ada terus sejak awal sampai sekarang sedangkan brand-brand kecantikan Korea itu paling rajin ganti produk jadi kalau bukan best selling biasanya cepet banget discontinue) dan sekarang ada hati nya di tutupnya, cute yaaa... Bener-bener K-Beauty ini meskipun packaging yang super simple tapi tetap bisa diselipin kawaii factor seperti ini^^.
Salah satu hal favorite aku mengenai produk ini adalah baunya! Baunya enak banget kayak permen buah hehe. Tapi jangan tergiur untuk jilat yah, karena cuma baunya yang manis menyenangkan kayak permen, lip tintnya sendiri rada-rada pahit jadi lebih baik ngga kejilat kalo masih basah (kalo sudah kering dan ngeset di bibir rasa dan baunya hilang kok hehe).

Sebelum ngomongin warnanya satu-satu, mari kita lihat dulu swatch kedua warna Tony Tint yang aku terima di tangan dulu yah :
Ini swatch di bawah sinar matahari
Kiri : 01 (Pink) , Kanan : 02 (Red)
Nah kalo ini swatch di bawah artificial light. Jelas beda kan ya warnanya, 1nya pink dan 1nya lagi merah ^^
Dari hand swatches di atas jelas kelihatan kalau Tony Tint ini texturenya sangat watery dan ringan. Untuk tipe lip tint seperti ini memang paling bagus kalau waktu aplikasi di baurkan dengan jari karena kalau pake aplikator bawaan ngga bakalan bisa rata dan patchy seperti di hand swatch di atas. Kelihatan banget kalo garis-garis dan ngga rata kan? Tapi emang watery Korean lip tint itu emang seperti itu karakteristiknya jadi itu sebenarnya bukan kekurangan tapi emang di ciptakan seperti itu ya hehe. 

Oya, karena texturenya bener-bener watery, kalian harus hati-hati banget ya waktu mengeluarkan aplikator dari tube, aku pernah ngeluarinnya terlalu kasar kayaknya jadinya lip tint nya beleberan kemana-mana sampe ke kaca lemari dll! Better be safe than sorry, soalnya kalo beleberan di mana-mana dan kena baju atau kulit itu susah hilangnya karena staying power nya Tony Tint ini oke banget. Kalo megang atau naro pas kebuka juga harus hati-hati karena bisa tumpah.
Ini aplikator bawaannya. Wand nya cukup panjang karena botolnya lip tint nya emang lumayan tinggi, aku ngga gitu suka wand yang terlalu panjang karena jadi makin jauh ama bibir dan bikin precise application susah banget... Tapi dalam kasus Tony Tint ini ngga begitu pengaruh karena makenya emang lebih recommended di baurkan pake tangan jadi aplikator nya cuma buat ngoles atau nitik-nitikin di awal aja
Selain messy, watery lip tint gini juga susah banget kalo mau di pake kayak lipstik biasa gitu. Karena dia sangat cair, jadi dia tend untuk masuk ke semua cracks yang ada di bibir kita (mana ada bibir yang ngga ada garis-garisnya coba?) dan kalo bibir kamu kering, lip tint nya akan nempel di dry bits bibir kamu. Tapi kalo kamu pake lip balm yang ada sifat glossy nya, lip tint nya ngga akan bisa menyerap dan malah lari-lari kemana-mana sampe kamu belepotan wkwk.

Jadi gimana cara pakenya? Kalo menurut pengalaman aku, pake watery lip tint semacam Tony Tint ini emang susah-susah gampang. Dibilang susah, kalo sudah tau caranya ya simple, di bilang gampang... Lumayan susah juga ngakalinnya hehe. Tapi jangan kuatir, aku punya beberapa tips and tricks untuk bikin produk ini works.

Pertama-tama, pastikan bibir kamu sehat dan ngga ada kulit keringnya supaya aplikasinya lebih mudah. Jadi kalo bibir kamu lagi ngga in top condition, jangan lupa pake lip scrub dulu. Setelah lip scrub, gunakan lip balm yang melembabkan tapi ngga bersifat glossy. Banyak kok lip balm yang sifatnya gitu (semacam Chap Stick gitu lho), tipe-tipe yang meresap ke bibir dan ngga sit on top of it. Kalau bibir kamu sudah primed, tinggal pakein lip tint nya, saran aku dikit-dikit aja dan di konsentrasikan di tengah (karena kalo menurut pengalaman aku, watery lip tint itu ngga bakalan bisa rata sampe ke cupid bow, no matter how hard you try haha. Makanya mereka paling cocok untuk tampilan bibir ombre ala Korea dan menurutku emang lip tint semacam ini di ciptakan untuk ombre lips bukan di pake di seluruh bibir kayak lipstick biasa) lalu di tap tap pake jari. Kalo meratakan pake jari ini cepet kok, beberapa detik akan jadi ombre lips nya (tapi kekurangannya ya jari kamu akan berwarna seperti lip tint nya hehe. Tapi di pake cuci tangan beberapa kali hilang kok).  

Kalo bibir kamu jenis nya kering, kamu bisa pakein tinted lip balm (kali ini jenis yang glossy ya) atau lip gloss di atasnya, inget harus tunggu sampe lip tint nya benar-benar kering ya. Kalo kalian ngikutin step-step yang aku kasih, juicy ombre lips ala cewek Korea akan bisa di dapatkan dengan mudah kok hehe.

Kalo aku pribadi sih selalu pake watery lip tint dengan teknik seperti itu (karena jenis lip look yang aku paling suka emang Korean ombre lips. yang luarnya agak pucat tapi dalamnya cerah jadi kayak abis makan es loli, yum!) and i love it, tapi khusus untuk review ini aku pake di full lips supaya lip swatch nya lebih jelas.
Delight Tony Tint in 01 Pink
Shade 01 ini hot pink, fuchsia gitu. Cakep banget dan tipe warna yang perfect untuk buat just-ate-lollies look!
Delight Tony Tint in 01 Pink
Wearing Delight Tony Tint in 01 Pink
Itu aku makenya di full lips kayak lipstik, itu udah aku usap berkali-kali loh tapi tetep aja ngga bisa rata warnanya. Oya Tony Tint ini emang watery banget kan jadi waktu di aplikasi tuh basah banget, tapi dalam beberapa detik bakalan ngeset dan jadi matte. Rasanya juga ringan banget kayak ngga pake apa-apa jadi ringan banget dan recommended buat yang ngga suka bibirnya terasa berat. Jujur kalo lihat foto-foto iklannya itu bisa rata banget dan hasil akhirnya glossy banget itu menurutku sangat misleading, itu pasti modelnya di pakein lip balm dan lip gloss banyak-banyak di atas lip tint nya hehehe karena in real life jadinya bakalan seperti ini (di bibirku maupun di bibir teman-temanku, karena we all are huge K-Beauty fans jadi udah ngerti banget karakter-karakter makeup Korea)
Delight Tony Tint in 02 Red
Nah kalo 02 ini blood red gitu, cakep juga tapi kalo di pake di full bibir gini di kulit yang terang jadi agak serem karena sangat kontras, makanya kalo aku normally pakenya dikittt aja terus di blend 
Delight Tony Tint in 02 Red
Wearing Delight Tony Tint in 02 Red
Aku sempet moto juga waktu aku pake lip tint nya untuk ombre lips, tapi ini hasilnya ngga maksimal karena aku ngga pake lipstick di bawahnya (aku biasanya pake nude lipstick gitu untuk dasarnya karena natural lips ku pucat banget) dan juga karena bibir aku lagi kering dan pecah-pecah jadi fotonya agak serem (ngga sempet foto ulang karena deadline haha).
Pake Delight Tony Tint in 02 Red cuma beberapa titik di bagian dalam bibir. Harap maklum keadaan bibir yang tidak maksimal ya, itu kelihatan parah di foto karena close up, kalo ketemu aslinya ngga serem kok hehehe
Light ombre lips using Tony Tint in 02
Selain baunya yang yummy, harganya yang sangat bersahabat, warna-warnanya yang cantik dan universal, kelebihan lain dari Tony Tint ini adalah staying power nya. Aku suka pake Tony Tint karena ngga perlu touch up seharian hehe, meskipun di pake makan dan minum masih tetap cetar. Tapi kalo makannya heboh sih perlu touch up dikit-dikit karena kalo kalian pake lip gloss/lip balm seperti aku pas di lap pasti ada yang transfer dan warnanya bakalan break apart, tapi touch up yang dibutuhkan tuh minimal banget dan super cepet. Jadi buat yang males retouch terus-terusan, Tony Tint ini a must have deh!

Kalo kekurangan? Selain agak messy dan aplikasinya tricky, lip tint juga bisa bikin bibir agak kering dan pecah-pecah, makanya aku selalu menyarankan untuk pake lip balm di bawah dan di atas lip tint. Terus kalo bibir mulai terasa agak kering, pakein lip balm atau lip gloss lagi di atasnya, ini bantu banget untuk menjaga kelembaban bibir at the end of the day jadi bibir tetap sehat dan lembut setelah pake lip tint seharian.

So in general, aku suka banget Delight Tony Tint dari Tony Moly ini dan aku bakalan sering banget pake untuk ombre lips. Selain 01 Pink dan 02 Red, Tony Tint ini juga hadir dengan shade 03 Orange, jadi meskipun cuma tiga varian tapi basic shades untuk bibir ala cewek Korea udah kecover hehe. Is it recommended? Ofc, semua makeup lover, terutama yang suka makeup ala Korea harus punya watery lip tint seperti Tony Tint ini at least satu di koleksinya karena ini produk yang emang the perfect match for Korean ombre lips!

Kalian sudah nyobain Tony Tint belum? Gimana menurut kalian cara pakai yang paling tepat untuk produk ini, apa kalian setuju sama teknik aku atau punya teknik sendiri? Bagi-bagi pengalamannya di comment box below yah! Kalau kalian belum pernah nyobain dan tertarik untuk nyobain, Tony Tint ini sangat mudah di dapatkan kok karena counter nya Tony Moly ada cukup banyak di Indonesia (rata-rata di dalam department stores) dan online juga banyak tersedia ^^.

Oya di foto ini aku lagi pake 02 di ombre tapi di timpa lagi pake tinted lip balm warna merah jadinya hasilnya lebih rata dan glossy ^^
#Pink

Note : This post is written in collaboration with Revu Indonesia



You Might Also Like

1 comments

  1. Ce tau nggak sih aku tu belum pernah pake lip tint sama sekali. Kemarin cobain punya Missha tp yang masih kayak lip cream gitu, nggak tinted kayak ini. Aku pengen coba punya Tony Moly yang botol kotak kayak kutek itu lho, nggak kesampaian juga sampe lupa ahahah

    Kalo ga salah varian Delight ini jaman dulu femes banget buat bikin darah2an gitu ya ga sih? karena bening dan warna merahnya dark banget hahaha

    ReplyDelete